Kopi Toraja Kemasan

Sejarah Kopi

Mungkin belum ada minuman yang sepopuler kopi. Sejak ratusan tahun lalu minuman ini sudah dikenal dimana-mana. Walupun kopi diyakini telah tumbuh didekat Laut Merah sejak abad ke-7, seorang penulis arab, diabad ke-15, Shehabeddin Ben menulis bahwa orang-orang Ethiopia telah menikmati minuman kopi jauh lebih lama dari yang diketahui orang.

Pada abad ke-16, perkebunan kopi ditemukan, didataran Yaman, Arab. Kopi kemudian cepat menyebar ke Eropa setelah seorang duta besar Turki, memperkenalkan kopi ke pengadilan Raja Louis XIV pada tahun 1669.

Kopi Arabica pertama kali diidentifikasi oleh Linneus 1753. Habitat asal coffee Arabica adalah Etiophia. Dari Etiophia, species ini di bawa ke Saudi Arabia dan dari sana menyebar keseluruh penjuru dunia, sampai ke Amerika Selatan, Amerika Tengah dan kepulauan Caribia. Tetapi banyak pendapat menyatakan bahwa kopi Arabica berasal dari daerah subur di Saudi Arabia, yang disebut Arabia Felix.

Nama coffee Arabica yang berasal dari bahasa Arab “quahweh” (kopi) dan istilah tadi diadopsi oleh Negara-negara lain melalui perubahan lafal menjadi ; CafĂ© (Prancis), Caffe (Italia), Kaffee (Jerman), Kaffie (Belanda), Coffee (Inggris), dan Coffea (Latin).

SeorangPerancis bernama Desclieux membudidayakan kopi dengan cara menanam tangkainya di kepulauan Martinique. Perkebunan kopi kemudian merebak dari French Guiana ke Brazil dan Amerika Tengah.
Kegilaan pada rasa kopi yang lezat dan aromanya yang harum menggugah selera membuat orang kemudian berkreasi dengan kopi. Sebut saja minuman segar berbahan kopi, seperti beragam shake, hidangan pencuci mulut seperti pudding kopi atau tiramisu atau kue praktis seperti muffin. Dengan kopi anda dapat berkreasi membuat minuman dan kue-kue yang rasanya menggoyang lidah untuk dinikmati bersama-sama seluruh keluarga maupun sebagai suguhan kepada para handai taulan.

Untuk menghasilkan minuman kopi yang nikmat, harus dipilih kopi yang berkualitas baik. Biji kopi mentah. Biji kopi mentah belum mempunyai cita rasa khas kopi karena hanya mengandung senyawa-senyawa pembentuk cita rasa. Karakter cita rasa terbentuk setelah biji kopi digoreng. Untuk menguji cita rasa kopi terbentuk setelah biji kopi digiling dan diaduk sesaat setelah diseduh. Cita rasa yang terbentuk setelah seduhan dicicipi dan ditahan dalam rongga mulut selama 3-5 detik itulah yang menandakan sebuah kopi berkualitas baik atau tidak. Sifat kekentalan kopi juga berpengaruh terhadap kualitas kopi.


Kopi Arabica Toraja

Penampilan Produk yang unik dalam kemasan khas Kopi Toraja dimaksudkan untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas, bahwa Tana Toraja tidak hanya memiliki obyek-obyek wista yang menarik untuk dikunjungi, tetapi juga kaya dengan produk-produk kerajinan tangan (handycrafts), dan utamanya mempunyai potensi kopi dengan cita rasa enak dan aromanya yang khas.

Kemasan kopi bubuk Toraja menggunakan dua macam kemasan yakni zak plastik (kemasan primer) dan produk kerajinan ukiran Toraja berupa bambu, kotak dan gentong sebagai kemasan sekunder. Zak plastik digunakan agar pembeli dapat melihat jelas isi produk, sedangkan kemasan sekunder lebih menonjolkan segi keindahannya dan dimaksudkan untuk memperkenalkan salah satu produk wisata Tana Toraja dalam bentuk souvenir.

Kemasan ini kemudian dapat dimanfaatkan sebagai hiasan, tempat rokok, dan berbagai keperluan lainnya. Kemasan ini juga praktis karena kecil, tidak memerlukan tempat yang luas, dan mudah di bawa. Kemasan dilengkapi dengan label yang memuat informasi tentang produk dan perusahaan.


Kemasan  Kopi Sekunder ukiran Toraja

Rahasia kenikmatan kopi

Untuk memperoleh kopi nikmat dengan aroma kopi kualitas baik, pastikan mesin pembuat kopi dalam keadaan bersih ketika akan digunakan dan pilih kopi yang segar (freshly roasted). Kalau biasa menggiling sendiri, giling biji kopi hanya pada saat akan diseduh.

Cara Pengolahan

Pastikan air dan Kopi ditakar dalam jumlah yang sesuai, gunakan air yang benar-benar panas, namun hindarkan air yang dididihkan terlalu lama. Minum kopi segera setelah diseduh dan hindari memanaskan sisa kopi yang di buat. Jangan lupa untuk menggunakan mug, cangkir atau gelas yang bersih supaya cita rasa kopi sempurna.

Oksigen dan kelembaban adalah musuh utama kesegaran kopi sehingga disarankan untuk memperhatikan tanggal penggorengan. Biar aman, sebaiknya beli kopi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, kira-kira tidak lebih dari persediaan untuk 2-3 minggu saja. Simpanlah kopi dalam wadah yang tertutup dan kedap udara pada suhu kamar yang terhindar dari sengatan langsung cahaya atau udara panas. Perhatikan batas kadaluarsa yang tertera pada kemasan guna menjaga kesegaran, aroma dan rasa kopi yang optimal.

0 comments:

Posting Komentar